Jembatan Pemali Brebes Rusak. Proyek Uji Coba??


BREBES – Jembatan Pemali yang berada di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, ambles. Jembatan tersebut terancam tidak bisa digunakan saat arus mudik Lebaran jika tidak segera diperbaiki. Jembatan ambles berada di sisi utara, tepatnya pada pelat baja yang jadi dasar atau alas jembatan. Kerusakan ini membuat lalu lintas dari arah barat ke timur terpaksa dialihkan ke jembatan sisi selatan, terutama bagi kendaraan berat. Sedangkan kendaraan kecil seperti sepeda motor,becak atau sepeda masih bisa menggunakan sisi jembatan yang tidak rusak.
        Bupati Brebes Agung Widiantoro mengatakan, jembatan Pemali dan Sepait Pekalongan merupakan jembatan proyek percobaan dengan konsep baru di Indonesia.Namun, realitasnya Jembatan Pemali yang konstruksinya menggunakan konsep ortotropik, berlantai lapisan lempengan pelat baja sebelum dilapisi aspal tidak sesuai seperti yang diharapkan. 
        Berdasarkan keterangan dari Bina Marga setempat,ada kerusakan struktur bawah jembatan yang kurang rapat sehingga tidak kuat menahan beban.Sementara muatan kendaraan besar yang melewati jembatan juga melebihi batas sehingga kian mempercepat kerusakan. Karena itu pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) diminta mengkaji ulang penggunaan jembatan yang menggunakan pelat itu. Selain jembatan, jalur Ciregol di Tonjong, Brebes, juga harus mendapat perhatian pemerintah pusat mengingat pentingnya jalur tersebut untuk arus mudik. Reza Pahlevi, 35,warga Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, mengeluhkan amblesnya Jembatan Pemali.
        Kerusakan itu menyebabkan arus lalu lintas macet total. Hal itu berimbas pada pemakaian jalur pedesaan sebagai alternatif yang berdampak pada percepatan kerusakan jalan desa.
         Mengapa harus kota Brebes yang dijadikan sebagai objek Uji coba proyek Jembatan???

*Semoga Bermanfaat*

Respons Anda??? :

Posting Komentar

 
Support By: Kopi Irenk | Banyu Urip Alit | NEON III
Copyright © 2012. Lini Edukasi - All Rights Reserved
Graphic Edited by V-Sett
Proudly powered by Blogger